Proyek Gas Kepodang Molor

Posted on August 14, 2012

0


KORAN TEMPO, SELASA, 14 AGUSTUS 2012

JAKARTA - Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (BP Migas) menyetujui revisi Plan of Development (POD) pertama lapangan gas Kepodang di perairan Jawa Tengah. Dengan revisi ini, produksi gas molor dari rencana awal Oktober 2014 menjadi kuartal kedua 2015. “Sejak awal Petronas memang meminta skema itu,” kata Deputi Perencanaan BP Migas Widhyawan Prawiraatmadja kemarin.

Widhyawan mengatakan, meski kemunduran rencana produksi itu disetujui, BP Migas tetap mendorong agar produksi gas Kepodang bisa dimulai pada 2014. BP Migas, kata dia, memberi bantuan agar pengadaan dan pembebasan lahan cepat selesai dan tidak menghambat produksi. “Kalau terlambat sedikit bisa mundur lagi,” katanya.

Lapangan Kepodang, yang dikelola Petronas Carigali Muriah Ltd, diperkirakan bisa memproduksi gas hingga 116 juta kaki kubik per hari (MMSCFD). Gas dari blok ini bakal memasok gas untuk Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap Tambak Lorok Semarang mulai 2014. Pengembangan lapangan ini menelan investasi US$ 545 juta. BERNADETTE CHRISTINA

 

 

 

About these ads
Posted in: Energi