Orang Kaya Asia Pasifik Lampaui Eropa

Posted on June 24, 2011

0


WINDY DYAH INDRIANTARI

Penduduk Kaya DuniaSETELAH berhasil mele wati tingkat kekayaan Eropa pada 2009, kali ini Asia Pasifik juga melewati Eropa dalam jumlah populasi orang kaya. Sampai dengan akhir 2010, jumlah orang kaya di Asia Pasifik mencapai 3,3 juta, sedangkan Eropa 3,1 juta orang.

Hal tersebut terungkap dari laporan tahunan tingkat kekayaan dunia World Wealth Report dari Merril Lynch Global Wealth Management (GWM) dan Capgemini, yang dipublikasikan melalui situs resmi Merryl Lynch GWM, Rabu (22/6).

Pertumbuhan populasi individu berpenghasilan besar di Asia Pasifik mencapai 9,7%. Di Eropa hanya tercapai pertumbuhan 6,3%.

Tingkat kekayaan para orang kaya Asia Pasifik juga bertambah 12,1% ke US$10,8 triliun, melewati tingkat kekayaan orang kaya di Eropa yang mencapai US$10,2 triliun.

Asia Pasifik pun menjadi kawasan dengan tingkat pertumbuhan populasi individu berpenghasilan besar paling tinggi di antara tiga pasar utama dunia. Dua pasar utama yang lainnya ialah Amerika Utara dan Eropa.

Saat ini kawasan Asia Pasifik merupakan kawasan terbesar kedua di dunia, baik dalam tingkat populasi orang kaya maupun tingkat kekayaan, di bawah Amerika Utara.

Sebagai catatan, populasi individu berpenghasilan besar di India pada 2010 telah menempati posisi ke-12 dunia, memasuki posisi 12 besar untuk pertama kalinya.

Mayoritas orang kaya di Asia Pasifik, kecuali Jepang, terus mengejar keuntungan dari sektor properti, yang mencatatkan 31% dari agregat portofolio pada akhir 2010. Angka itu lebih besar ketimbang setahun sebelumnya yang sebesar 28% dan jauh di atas rata-rata per tumbuhan global yang hanya sebesar 19%.

Hingga saat ini, populasi orang kaya masih terkonsentrasi di tiga negara besar dengan setengah populasi mereka berada di Amerika Serikat, Jepang dan Jerman.

“Lebih dari setengah populasi para individu berpenghasilan tinggi masih berada di tiga negara besar tersebut, tetapi konsentrasi populasi mereka makin tersebar secara bertahap seiring dengan waktu,“ ujar Kepala Sektor Penjualan dan Pemasaran Capgemini Global Financial Services Jean Lagsinardie.

Konsentrasi individu berpenghasilan tinggi di kawasankawasan tersebut, lanjut Jean, akan makin lebur jika pertumbuhan populasi di negaranegara berkembang dan negara maju lainnya lebih cepat daripada yang terjadi di ketiga negara besar.
Tingkat global Secara keseluruhan, populasi dan tingkat kekayaan para individu berpenghasilan tinggi pada 2010 telah melewati ting kat sebelum krisis pada 2007 di hampir semua kawasan.

Populasi dan kekayaan global mereka mencapai tingkatan stabil pada 2010. Populasi orang kaya naik 8,3% ke 10,9 juta dan pertumbuhan kekayaan finansial meningkat 9,7% ke angka US$42,7 triliun.

Pertumbuhan populasi global orang-orang superkaya bahkan meningkat hingga 10,2% pada 2010, dan tingkat kekayaan mereka naik sebesar 11,5%.

Posted in: EKONOMI