Bangsa yang Hemat dan Cerdas

Posted on April 23, 2012

0



Monday, 23 April 2012
Perlu diketahui,pendapatan pemerintah dari minyakkitahabisuntuksubsidi harga bahan bakar minyak (BBM).Denganproduksiminyak 930.000 barel per hari, harga minyak USD105 per barel, dan kurs Rp9.000 per dolar Amerika Serikat (AS), pendapatan pemerintah dari minyak sekitar Rp205 triliun per tahun. Di sisi lain, subsidi BBM dengan asumsi harga BBM dinaikkan Rp1.500 per liter untuk harga minyak USD105 per barel adalah Rp137 triliun.

Sedangkan kalau harga BBM tidak naik, subsidi mencapai Rp178 triliun. Ditambah subsidi listrik Rp60 triliun,seluruh pendapatan pemerintah dari minyak hampir habis (sisa Rp8 triliun) untuk subsidi. Itu pun dengan asumsi harga BBM dinaikkan Rp1.500 per liter.Apabila harga BBM tidak dinaikkan, pendapatan pemerintah dari minyak malah kurang Rp33 triliun. Sebelumnya dalam APBN 2012 dengan asumsi harga minyak USD90 per barel,kebutuhan subsidi BBM sebesar Rp123 triliun.

Artinya,kenaikan harga minyak sebesar USD15 per barel menjadi USD105 per barel mengakibatkan peningkatan subsidi Rp55 triliun. Dengan kata lain,setiap kenaikan harga minyak sebesar USD1 per barel mengakibatkan defisit Rp3,67 triliun.Bayangkan kalau harga minyak naik USD25 per barel atau lebih. Atas dasar itu, kita harus serius berhemat. Beberapa langkah yang dapat ditempuh yakni penghematan subsidi BBM (subsidi lebih diutamakan bagiyangmembutuhkan),penghematan pemakaian energi, baik dengan teknologi, penggunaan transportasi umum, maupun memakai energi non- BBM yang lebih murah dan tersedia di dalam negeri.

Pertama, perlu peraturan, pertamax wajib untuk mobil pribadi 1.500 cc ke atas.Kedua, perlu peraturan, premix wajib untuk mobil pribadi di bawah 1.500 cc. Premix merupakan campuran 50% premium dan 50% pertamax dengan harga rata-ratanya. Cara lain yaitu mobil pribadi di bawah 1.500 cc harus membeli pertamax dulu sebelum membeli premium dalam jumlah yang sama di SPBU.

Ketiga, perlu peraturan, premiumhanya untukangkutan umum dan sepeda motor. Keempat, penghematan untuk bensinsampaidiatas30% olehHHO dengan alat seharga Rp800.000 ditemukan oleh Prof Djoko Sungkono dari ITS. Kelima,penghematan untuk diesel dengan larutan Penghemat BBM SF Turbo 1 ditemukan oleh Pak Faisal dari Palembang. Ini bagus untuk transportasi umum dan truk, termasuk truk batubara.

Keenam,penggunaan tabung elpiji 3 kg untuk nelayan melaut perlu disebarluaskan. Ketujuh, transportasi umum mobil ditingkatkan kuantitas maupun kualitasnya agar masyarakat mau pindah dari menggunakan kendaraan pribadi pada hari-hari kerja ke transportasi umum. Busway di Jakarta memerlukan armada yang jauh lebih banyak. Kedelapan, pemakaian kereta api ditingkatkan kuantitas maupun kualitasnya, baik untuk dalam kota maupun antarkota,termasuk untuk angkutan barang dan batubara.

Kesembilan, Medco memberi converter kit untuk compressed natural gas (CNG) yang harga keekonomian CNG-nya Rp4.100 per liter (kalau disubsidiRp1.000, harganya Rp3.100) bagi stafnya dan menyediakan bus kantor untuk para pegawainya. Kalau sebagian besar perusahaan berperilaku seperti Medco, Jakarta tidak macet. Daerah luar Jawa penghasil migas bisa beralih ke BBG lebih cepat.

Kesepuluh, perlunya penghematan pemakaian listrik dengan memakai lampu dan peralatan hemat energi serta mematikannya apabila tidak diperlukan. Kesebelas, Kamis, 5 April 2012,Wakil Menteri Perhubungan dan penulis mengunjungi SPBG di Surabaya.Pak Marsaid, Technic & Operation Director CNG pemilik SPBG (Mother Station), menjelaskan, SPBU dapat digunakan untuk Daughter Station BBG dengan mengizinkannya menjual BBG.

Untuk itu, hanya dibutuhkan lahan 3m x 6m untuk menaruh trailerdan dispenser. Keuntungan dibagi antara Mother (Ibu) dan Daughter (Putri) Stations. Pak Marsaid juga menganjurkansubsidiRp1.000perlsp( liter setara premium) untuk CNG supaya harga jualnya masih menarik walaupun harga BBM subsidi Rp4500. Subsidi gas Rp1.000 jauh lebih hemat daripada subsidi BBM Rp5.000 (harga premium tanpa subsidi Rp9.500). LNG dari luar Jawa dapat diterima oleh trailertrailer LNG (tanpa diregasifikasi menjadi CNG) di pelabuhan.

Mengangkut LNG (cair) ke konsumen membutuhkan ruangan lebih sedikit daripada mengangkut CNG. Jugadianjurkan menggunakan LNG untuk truk maupun transportasi umum jarak jauh di Jawa, Kalimantan Timur, dan Sumatera Selatan. Mohon diingat, pengalihan minyak tanah ke elpiji pada masa lalu menghemat lebih dari Rp50 triliun per tahun. Saat ini tidak ada yang mau menggunakan minyak tanah untuk memasak apabila ada elpiji.

Keduabelas,memaksimalkan pemanfaatan batubara, panas bumi, air, dan bioenergi untuk listrik dengan diatasi kendalakendalanya. Harap diingat, biaya listrik dari batubara, panas bumi, dan air hanya seperempat biaya listrik dari BBM. Ketigabelas, 11 Maret 2012, Wakil Menteri Pertanian dan penulis mengunjungi Pesantren Sunan Drajat di Lamongan dan melihat pengembangan kemiri sunan di sana.

Kemiri sunan ini di samping baik untuk penghijauan, buahnya bisa dibuat biodiesel yang dapat menjadikan suatu desa selain asri juga mandiri energi.Pesantren mempunyai jaringan di seluruh Indonesia dan menurut informasi jumlahnya sekitar 20.000 di Tanah Air. Memaksimalkan pemanfaatan kemiri sunan untuk reklamasi tambang, penghijauan, dan energi (biodiesel).

Keempatbelas,memaksimalkan pemanfaatan energi surya, angin,arus laut,dan mikrohidro untuk daerah-daerah terpencil, terutama Indonesia bagian timur. Kelimabelas, akan lebih banyak uang yang dihemat apabila kitabisameminimalkankorupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN), mengoptimalkan penerimaan pemerintah, dan mengefisienkan pengeluaran pemerintah.

Kesimpulan

Dulu waktu harga BBM Rp6.000 per liter,sudah banyak orang yang berpindah ke busway dan transportasi umum. Begitu harga BBM Rp4.500 per liter,mereka kembali naik kendaraan pribadi. Orang tidak menghemat energi, tetapi menghemat uang. Program konversi minyak tanah ke BBG berhasil karena subsidi minyak tanah dihilangkan. Program jarak pagar dan konversi premium ke BBG belum berhasil karena premium harganya Rp4.500 per liter (disubsidi).

Kalau seseorang menyikapi kenaikan harga BBM dengan arif,pengeluarannya justru berkurang jika di hari-hari kerja dia menggunakan transportasi umum dan hanya menggunakan mobil pribadi pada akhir pekan.Pengguna transportasi umum adalah patriot karena menghemat uang negara,menghemat energi dan polusi. Kenaikan harga BBM justru akan menyebabkan energi lain yaitu batubara, gas, panas bumi, air, bioenergi, serta energi baru (misal: coal bed metanedan shale gas) dan terbarukan lainnya banyak dibutuhkan dan diproduksi sehingga akan memberikan lapangan kerja, penghasilan, dan pertumbuhan ekonomi daerah-daerah, terutama di luar Jawa.

Ketergantungan yang berlebihan terhadap minyak dan luar negeri adalah ketidak mandirian. Tidak menggunakan energi yang kita miliki secara optimal adalah tidak bijaksana. Mengonsumsi energi yang mahal, tetapi tidak mengonsumsi energi murah yang kita miliki adalah kebodohan.

Cara meminimalkan subsidi BBM untuk transportasi dan listrik adalah dengan sesedikit mungkin memakai BBM. Bila itu dilakukan,kita mempunyai dana lebih banyak untuk membuat Indonesia lebih cepat menjadi negara terpandang di dunia. Dengan mengurangi ketergantungan kepada BBM, insya Allah Indonesia menjadi lebih baik.●

*pendapat pribadi

WIDJAJONO PARTOWIDAGDO
Wakil Menteri ESDM

Posted in: Uncategorized