Teori Big Bang Media Sosial

Posted on August 14, 2012

1


Anton DH Nugrahanto

Dalam ranah twitter itu sekarang berkembang teori big bang, sebuah ledakan sosial media yang kemudian di drive oleh akun-akun anonim atau akun tanpa identitas jelas. Fenomena akun anonim sebenarnya muncul pada fenomena Benny Israel, banyak kalangan mengira Benny Israel adalah kepanjangan tangan kelompok intelijen Partai Keadilan Sejahtera atau PKS, penyerangan akun anonim Benny Israel ini selalu ke kubu SBY dengan keras, muncul Benny Israel berbarengan dengan meledaknya kasus Misbakhun soal LC bodong Bank Century.

Setelah Benny Israel menyerang habis-habisan SBY, muncul banyak akun salah satunya adalah Bangzul PKI, tapi akun Bangzul tak begitu fenomena. Yang fenomena adalah kemunculan akun Trio Macan 2000 atau yang lebih dikenal sebagai TM 2000. Akun ini banyak mengeluarkan data-data yang tak diketahui oleh umum salah satunya adalah soal dibentaknya Dahlan Iskan di Istana karena kasus Petral dan soal mutasi direksi Pertamina. Akun ini memiliki akses data yang luas di persoalan-persoalan lingkaran dalam Istana. Tidak seperti Benny Israel yang sampai sekarang nggak jelas siapa orangnya, akun TM 2000 ditengarai pernah ketahuan dan dia pernah berkelahi dengan dua orang yang merasa disikat dalam twit-twitnya, berita perkelahian ini sampai masuk ke Media Tempo.

Bila akun Benny Israel pertama kali di retweet dan dikenalkan oleh akun Hans Davidian salah satu jurnalis Jakarta Post, maka akun TM 2000 mulai terkenal karena sering mengutip akun Anton_djakarta, sudjiwo_tedjo, fadjroelrahman dll di awal-awal kemunculannya. Namun, kemudian ia meledak dan booming, masa booming ini kemudian menjadi invest period bagi akun TM 2000 tersebut. Yang dinamakan Invest Period adalah masa akumulasi followers bagi akun yang bersangkutan dengan menyajikan alur timeline yang membuat perhatian banyak orang. Sampai saat ini akun TM 2000 dikabarkan menembus angka 100.000 folllowers.

Akun TM 2000 harus diselidiki apakah kemudian akun ini kemudian menjadi agen jual beli driver sosial media, atau menjadi akun yang memiliki misi sebagai wikileaks-nya Indonesia.

Sekarang akun TM 2000 melakukan serangan frontal ke Jokowi, jelas ini akan membangkitkan ribuan barisan sukarelawan Jokowi dan kubu Faisal Basri yang memiliki musuh bersama Foke. Pertanyaannya kemana akun TM 2000 memihak?

Sementara Jokowi sebenarnya melarang black campaign untuk menelanjangi kubu Foke, karena mudah bagi Jokowi untuk menelanjangi Foke, buka saja buku aduan Wagub Prijanto terhadap kubu Foke, tapi Jokowi melarang karena tuduhan-tuduhan korupsi sebelum masuk ke ranah hukum belum bisa dijadikan landasan etis untuk mengkritisi seseorang, begitu gentleman-nya Jokowi melakukan tindakan-tindakan politiknya.

Permainan jebakan data, adalah modus dalam rezim reformasi saat ini, semua direkayasa untuk dijebloskan, ada yang kena seperti Antasari Azhar ada yang bertahan seperti Jokowi. Jangan sampai Jokowi jadi “tweede” Antasari Azhar, jadi “Antasari Azhar kedua”, menjadi orang baik di negeri ini memang resikonya besar kalau tidak dipenjara, ya dibunuh.

Kita harus mendukung Jokowi sebagai bagian pertaruhan paling penting untuk masa depan Indonesia.

(http://www.facebook.com/photo.php?fbid=10151027322427444&set=a.53765742443.67897.601337443&type=1)