Lengkap, Belum Lolos

Posted on November 6, 2012

0


Kompas-Selasa,06 November 2012

Perbaiki Komunikasi KPU dan Bawaslu

Jakarta, Kompas – Komisi Pemilihan Umum melakukan verifikasi faktual atas kepengurusan pusat partai-partai politik, Senin (5/11). Parpol yang dinyatakan lengkap di tingkat pusat belum tentu bisa mengikuti Pemilu 2014. Sebab, masih diperlu- kan hasil verifikasi faktual dari kepengurusan dan domisili di provinsi dan kabupaten/kota serta keanggotaan partai.

Hasil verifikasi faktual diumumkan paling lambat 8 Januari 2013. ”Masih diperlukan hasil verifikasi faktual dari kepengurusan dan domisili di provinsi dan kabupaten/kota serta keanggotaan partai,” ujar Komisioner KPU Hadar Gumay.

Saat mengunjungi kantor DPP Partai Golkar, Hadar mendapati pengurus perempuan tidak mencapai 30 persen. Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie yakin partainya siap dan akan lolos karena pengurus perempuan di Golkar mencapai 31,5 persen.

Masalah serupa didapati Komisioner KPU Arief Budiman saat melakukan verifikasi faktual terhadap Partai Demokrat. Keterwakilan perempuan sebanyak 30 persen dalam susunan kepengurusan di tingkat pusat tidak dapat ditunjukkan. Sekretaris Divisi Komunikasi Publik DPP Partai Demokrat Hinca Panjaitan mengatakan, DPP Partai Demokrat akan segera memenuhi syarat yang diperlukan karena beberapa pengurus perempuan tidak bisa hadir.

Terhadap pokok lainnya, DPP Partai Demokrat lulus verifikasi faktual. Susunan kepengurusan lengkap. Ketua Umum Anas Urbaningrum dan para pengurus lainnya hadir, kecuali Sekretaris Jenderal Edhie Baskoro Yudhoyono yang ikut kunjungan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Untuk verifikasi faktual di kantor DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Senin, Arief Budiman menyatakan DPP PKB lolos verifikasi. Hal sama dinyatakan Arief seusai verifikasi faktual terhadap Partai Nasional Demokrat (Nasdem). Di PKB dan Nasdem, tidak didapati soal keterwakilan perempuan.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon mengatakan, proses verifikasi aktual KPU terhadap Gerindra belum usai. Namun, pihaknya optimistis bisa memenuhi syarat.

Selasa ini, tim KPU antara lain akan melakukan verifikasi terhadap Partai Persatuan Pembangunan dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Kedua partai menyatakan akan bisa memenuhi syarat verifikasi faktual.

Terkait verifikasi faktual, Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Luthfi Hasan Ishaaq berharap tim KPU bekerja profesional dan obyektif untuk menghasilkan partai politik yang berkualitas pada Pemilu 2014.

PKS yakin lolos verifikasi faktual sebagai persyaratan menjadi peserta Pemilu 2014. ”Setelah lolos verifikasi ini, kami akan running untuk kampanye dini,” katanya.

Komunikasi buruk

Terkait langkah Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) melaporkan dugaan pelanggaran kode etik oleh KPU ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu, Koordinator Nasional Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat Yusfitriadi menilai, komunikasi politik antara KPU dan Bawaslu buruk.

Yus mengkhawatirkan pelaporan itu akan menambah ruwet pola komunikasi KPU dengan Bawaslu, yang mungkin saja berimplikasi terhadap saling menjatuhkan kredibilitas lembaga.

Yus berharap ada peran mediasi untuk memperbaiki komunikasi antarkedua lembaga itu untuk mengurangi potensi kegagalan pemilu.

(INA/LOK/ATO/ONG/SIR/ETA/IAM/DIK)